16 Februari 2008

Warung Bandung

Seminggu yang lalu gue iseng-iseng berwisata kuliner nyoba satu restoran yang menyediakan masakan Sunda. Namanya Warung Bandung. Sebenernya udah lama gue ingin cicipin makan disitu, dan kebetulan juga letaknya gak jauh dari kantor gue.

Pertama kali masuk ruangannya, interiornya sangat modern sekali, walaupun ada nuansa kuno dan etniknya, seperti penempatan gebyok pada pintu menuju ruang makan dalam. Di tengah-tengah ruangan ada meja panjang yg sepertinya digunakan untuk buffet. Kita bisa pilih makan didalam atau didepan, walopun ga ada bedanya juga. Disini juga tersedia ruangan khusus untuk special function.

Terus gue pilih untuk duduk didalem, tempatnya lebih adem, dengan hiasan lukisan-lukisan, kaca besar untuk ngasih efek ruangan lebih luas dan jam kuno. Gak lama gue duduk, seorang waitress dateng ke meja gue, dia kasih buku menu. Pas buka halaman pertama, ada foto2 item putih. trus lanjut ke halaman berikut deretan menu2 yang variatf dan bikin gue bingung milihnya terpampang. Diantara lain menu-menu yang ditawarin resto ini, ada gurame goreng terbang yg lagi kondang, sop iga, ikan balita yang digoreng doang atau dimasak dengan cabe ijo (oia ikan balita itu adalah anak ikan mas yang umurnya masih dibawah lima tahun, bentuknya kecil kayak ikan wader dan teksturnya renyah), pepes, tahu telor, gepuk/empal, berbagai variasi masakan dari cumi dan udang, dll. Untuk sayurannya ada menu karedok, plecing kangkung sampe rendang jengkol! Disini juga tersedia berbagai macam menu paketan yang lebih hemat, seperti nasi timbel komplit, nasi gurih, nasi tutug oncom, nasi uduk dan nasi krawu.
Gue penasaran sama nasi gurihnya, soalnya digambarnya itu nasi gurihnya dibungkus pake daun pisang dan penyajiannya satu porsi itu terdiri dari enam bungkus nasi gurih yang gedenya cuman sekepel2 (mungkin konsepnya sama kayak sego kucing atau nasi jenggo gitu), dan tampilan penyajiannya juga ngingetin gue sama warung nasi uduk terkenal itu yang nasi uduknya disajikan sekepel2 trus dibungkus daun pisang. Di description menunya itu juga dibilang 6 kepal nasi gurih itu didalemnya dikasih 3 lauk yang berbeda, ada balado teri, balado ikan asin gabus, dan balado daging. wuih pas banget nih, makanya gue langsung pesen aja itu makanan. Untuk minuman gue pilih es lemon tea, rasanya yang seger-kecut-manis rasanya bisa netralin mulut yang habis dihajar balado.

Waktu pesenan dateng gue agak terkejut juga sih, soalnya porsi satu kepalnya setengah dari satu kepal porsi nasi kucing/nasi jenggo. Buseet!! kira2 satu kepalnya cuman satu sendok makan aja. Agak nyesel juga sih mengingat harganya yang luar biasa untuk 6 sendok makan nasi hehhee...tapi pas nasi2 dengan lauk2 balado itu...wuiih agak terobati dikit (walopun masih laper secara cuman 6 sendok makan nasi).

Untuk menu dessertnya disini tersedia sop buah - itu loh es buah yang lagi kondang di Bandung. Juga cemilan khas Bandung seperti ketan bakar yang dicocol sambel oncom dan colenak (tape singkong yang dibakar trus ditaburin kelapa parut dan dicocol gula kinca). Semua menu disini bisa didapet dengan harga berkisar 8000 - 65000/porsi. Dan untuk menu paket antara 15000 - 22000/porsi.

Agak heran juga sih, soalnya resto ini agak sepi dibanding resto2 sejenis lainnya yang ada disepanjang jalan K.H. Ahmad Dahlan, padahal dari segi rasa sih kalo menurut gue not bad lah. Apa mungkin karena mahalnya itu. who knows...

Tidak ada komentar: