19 Februari 2008

Mercon yang meledak dimulut

Pengalaman wisata kuliner gue kali ini pas gue lagi pulang kampung ke Jogja. Awalnya gue pernah liat di salah satu variety show yg waktu itu nayangin episode "makanan serba pedas". Salah satunya adalah makanan yang bernama "Oseng-oseng Mercon". Dan ternyata pula, makanan ini bisa didapet di Jogja (karna awalnya dari situ).

Pas banget gue ke Jogja sama spupu gue Siska. Disana kita ketemu sama cowoknya Siska yang kebetulan kuliah dan tinggal disana. Bertanyalah gue tentang menu yang satu itu. Kata Didi (cowoknya Siska), itu yang jual ada di terminal. Ha? kaget juga gue, kok diterminal. Cuman karena gue penasaran sekali ya udah hayuk aja.

Ternyata di salah satu terminal utama di Jogjakarta (gue lupa namanya, yg pasti ditengah kota deh) itu kalo malem berfungsi sebagai pujasera. Mau makanan apa aja ada. Dan uniknya lagi, untuk tempat duduknya -biasalah orang Jogja kan suka lesehan2 gitu- mereka pake emper2an atau shelter di terminal yang udah dibikin sedemikian rupa jadi kayak tempat lesehan, pake tiker2 gitu trus untuk penerangannya pake lilin2 gitu deh (lucu juga sih, candle light dinner tp makannya kelesotan dibawah hehehe....).

Pas ampe sana, pas ujan pula jadi ga bebas milih tempat. Terus gue langsung pesen makananannya. Jadi dia orang tuh jualnya pake gerobak angkringan gitu. Menunya cuman satu yaitu Oseng-oseng Mercon, tapi isinya bisa milih mau ati-ampela, ceker ayam, atau kikil (dan harafiahnya -saelah- oseng2 mercon ini pake kikil, cuman buat variasi isinya bisa macem). Satu porsinya cuman berkisar 2500 rupiah saja (dan itu udah dapet satu mangkok ukuran sedang). Untuk menu tambahan tersedia tahu/tempe penyet yang sambelnya ga kalah gahar. Gimana ga gahar, sambelnya emang cuman sambel bawang doang tapi rasanya bo, sampe hampir mo nangis gue makannya.

Gak lama pesenan dateng, gue yg udah niat banget sempet underestimate aja kalo masakan ini sebenernya ga bener2 pedes yg bikin kerasa pedes karena makanan2 Jogja kan identik sama yg manis2, jadi ya bisa2nya aja orang2 bilang pedes. Eh....ternyata gue salah setelah suapan pertama mampir ke mulut gue. NYOOOOOOSSS.......pedessss bangeeeettsss!!! Jadi selidik punya selidik, yg namanya oseng2 mercon itu ati-ampela/kikil/ceker ayam yang dimasak pake cabe rawit yg merah2 tuh (kalo kata orang cabe gila) dan cabenya tu banyak banget, trus dikasih kecap. Jadi citarasanya tuh pedes-pedes manis gimana gitu. Tapi sumpah pedesnya tuh bakar lidah banget! Gue sampe berlinang air mata (bukan karena sedih dan terharu) saking nahan pedesnya.

Biarpun ampe sakit2 perut tuh gue abis makan begituan, tetep aja ga kapok, sehari sebelom balik ke Jakarta gue mampir lagi kesana.....

Ah jadi kangen sama  merconnya....

Tidak ada komentar: